Pages

Banner 468 x 60px

 

Senin, Januari 07, 2019

KALIMAT DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN

0 komentar
A. Pengertian Kalimat dan Kalimat Efektif

Dalam proses penulisan karya ilmiah ada dua jenis kalimat yang mendapat perhatian penulis, yaitu masalah kalimat dan masalah kalimat

efektif. Pernyataan sebuah kalimat bukanlah sebatas rangkaian kata dalam

frasa dan klausa. Rangkaian kata dalam kalimat itu ditata dalam struktur

gramatikal yang benar unsur-unsurnya dalam membentuk makna yang akan disampaikan secara logis. Kalimat-kalimat dalam penulisan ilmiah harus lebih cermat lagi menata kalimat yang benar dan efektif karena kalimat-kalimat yang tertata itu berada dalam laras bahasa ilmiah.Kalimat dalam tataran sintaksis adalah satuan bahasa yang menyampaikan sebuah gagasan bersifat predikatif dan berakhir dengan tanda titik sebagai pembatas. Sifat predikatif dalam kalimat berstruktur yang dibentuk oleh unsure subjek, unsure predikat,dan unsure objek (S-P+O).

Unsur subjek dan predikat itu harus mewujudkan makna gramatikal kalimat yang logis. Konsepsi kalimat itubelum cukup untuk menampilkan kalimat efektif, sehingga diperlukan factor lain dalamperwujudan kalimat

menjadikalimat efektif. Oleh karena itu, KALIMAT EFEKTIF adalah satuan

bahasa (kalimat) yang secara tepat harus mewakili gagasan atau perasaan

penulis dan harus pula dimengerti oleh pembaca sebagaimana yang dimaksudkan penulis. Jadi, kalimat efektif merupakan kalimat yang harus

tepat sasaran dalam penyampaian dan pemerian bagi pembacanya. Disamping kaidah yang ada dalam kalimat,kalimat efektif perlu memperhatikan persyaratasn dan menghindari hal-hal yang menyalahi

kalimat efektif.



B. PERSYARATAN KALIMAT EFEKTIF



1. FUNGSI GRAMATIKAL DALAM KALIMAT EFEKTIF ATAU KESATUAN

FUNGSI GRAMATIKAL

Fungsi gramatikalatau unsure struktur dalamkalimat dikenal dengan istilah subjek, predikat, objek,, pelengkap,, dan keterangan yang dirumuskan

atau disngkat menjadi S + P + (O/Pel.) + (Ket) /

S : adalah subjek

P : adalah predikat

O : adalah objek

Pel.: adalah pelengkap

Ket. : adalah keterangan.

Fungsi subjek dan fungsi predikat harus ada dan jelas dalamkalimat dan

secara fakultatif diperlukan fungsi objek, fungsi pelengkap, dan fungsi

keterangan.

SUBJEK adalah fungsi kalimat yang menandai apa yang dinyatakan oleh penulis. Posisi subjek dalam kalimat bebas, yaitu terdapat pada awal, tengah, atau akhir kalimat.

PREDIKAT adalah fungsi kalimat yang menandai apa yang dinyatakan oleh penulis tentang subjek. Posisi predikat dalam kalimat juga bebas,kecuali tidak boleh di belakang objek dan di belakang pelengkap. OBJEK adalah fungsikalimat yang melengkapi kata kerja aktif dan kata kerja pasif sebagai hasil perbuatan, yang dikenai perbuatan, yang menerima,atau yang diuntungkan oleh perbuatan sebagai predikat. Fungsi objek selalu terletak di belakang predikat berkata kerja transitif.

PELENGKAP adalah fungsi yang melengkapi fungsi kata kerja berawalan

ber- dalampredikat, sehingga predikat kalimat menjadi lebih lengkap. Posisi

pelengkap dalam kalimat terletak di belakang predikat berawalan ber-.

KETERANGAN adalah fungsi kalimat yang melengkapi fungsi-fungsi

kalimat,yaitu melengkapi fungsi subjek, fungsi predikat, dan fungsi objek, atau fungsi semua unsure dalamkalimat. Posisi keterangan dalam kalimat bebas dan tidakn terbatas. Tidak terbatas dimaksudkan fungsiketerangan dalam dapat lebih dari satu pada posisi bebas yang sesuai dengan kepentingan fungsi-fungsi kalimat.

Perhatikanlah posisifungsi-fungsi kalimat berikut.

(1) Setelah bekerja selama tiga hari,panitia pelaksana seminar lingkungan

      hidup itu berhasil merumuskan undang-undang kebersihan tata kota

Jakarta di Kantor DPD DKI Jakarta. (P-Pel-S-P-O-K)

(2) Keputusan hakim perlu ditinjau kembali.( S – P)

(3) Perlu ditinjau kembali keputusan hakim. (P – S)

(4) Kelompok Pialang (broker) berbicara tentang fluktuasi harga sama IHSG.(S – P – Pel.)

(5) Selama tahun 2012 fluktuasi harga saham IHSG mengalami kenaikan

yang signifikan sebanyak 12 kali di Bursa Efek Jakarta (K – S – P – O –K)

(6) Pengacara tersebut mempelajari undang-undangpencemaran nama baik    dan membandingkannya dengan Undang-undang Dasar RI. (S1 – P1 –O1 – P2 – K)

(7) Evaluasi pembelajaran mahasiswa meliputi empat komponen, yaitu

komponen UTS,komponen UAS, komponen kehadiran, dan komponen

makalah ilmiah. (S1 – P1 – O1 – K1 – K2- K3 – K4)

(8) Jika stabilitas nasional mantap, masyarakat dapat bekerja dengan

tenang dan dapat beribadah dengan leluasa. (S3- P3 – S1 – P1 – S2 –

P2) Perhatikanlah contoh kalimat majemuk dalam posisi fungsi yang berbeda berikut.

(9) Bahwa kemerdekaan itu hak semua bangsa sudahdiketahui semua

orang. ( S1 (konjungsi + S2 + P2) - P1 - O1.)

(10) Dosen mengatakan bahwa komponen nilai UAS berbobot 40%. (S1 -

P1 - O1 (S2+P2)).

(11) Hasil UAS mahasiswa dibatalkan jika mahasiswaketahuan mencontek.

(S1 – P1 – K1 (S2+P2)).

(12) Kelompok C berpresentasi dan tim juri menilainya. (S1 – P1 + S2 – P2)

(13) Kinerja bisnis mulai membaik dan perkembangan ekonomi menjadi stabil  setelah pemilu berlangsung damai. (S1 - P1 + S2 – P2 + (S3 + P3)



2. KEPADUAN (KOHERENSI) DALAM KALIMAT

Kepaduan atau keherensi dalam kalimat efektif adalah hubungan timbal balik atau hubungan kedua arah di antara kata atau frasa dengan jelas, benar, dan logis. Hubungan timbal baik terjad dapat antarkata dalam frasa satu unsure atau dapat terjadi antar frasa dalam antarfungsi dalam kalimat. Hubungan antarfungsi itu dapat menimbulkan kekacauan makna gramatikal kalimat. Perhatikanlah contoh kalimat yang berprasyarat koherensi berikut.



Contoh kalimat yang TIDAKKOHERENSIF

(1) Setiap hari dia pulang pergi Bogor –Jakarta dengan kereta api.

(2) Oleh panitia seminar makalah itu dimasukkan ke dalam antologi.

(3) Pelaksanaan seminar itu karena jalan macet harus ditunda satu jam

kemudian.

Pembetulan kalimat yang KOHERENSIF

(1a) Setiap hari dia pergi pulang Bogor—Jakarta dengan kereta api

(2b) Makalah seminar itu dimasukkan ke dalamantologi.

(3a).Karena jalan macet,pelaksanaan seminar itu ditunda satu jam kemudian.



3 KEHEMATAN KALIMAT ATAU EKONOMI BAHASA

KEHEMATAN atau ekonomi bahasa adalah penulisan kalimat yang langsung menyampaikan gagasan atau pesan kalimat secara jelas, lugas, dan logis. Kalimat yang hemat dalam penulisan menghindari

dan memperhatikan hal-hal berikut .

(1) Penulis menggunakan kata bermakna leksikal yang jelas dan lugas dan

penenpatan afiksasi yang benar.

(2) Penulis menghindari subjek yang sama dalam kalimat majemuk.

(3) Penulis menghindari pemakaian hiponimi dan sinonimi yang tidak perlu.

(4) Penulis menghindari penggunaan kata depan (preposisi) di depan

kalimat dan di depan subjek.

(5) Penulis menghindari penggunaan kata penghubung (konjungsi) di depan subjek dan di belakang predikat yang berkata kerja transitif.

(6) Penulis menghindari kata ulang jika sudah ada kata bilangan tak tentu di depan kata benda.

(7) Penulis menghindari fungsi tanda baca dan pengulangan kata dalam

rincian.

(8) Penulis menghindari keterangan yang berbelit-belit dan panjang yang

seharusnya ditempatkan dalam catatan kaki (footnotes).

(9) Penulis menghindari pemborosan kata dan afiksasi yang tidak jelas

fungsinya.



          Perhatikanlah contoh berikut,yaitu kalimat kurang memperhatikan ekonomi bahasa.

(a) Dalam ruangan ini kita dapat menemukan barang-barang, antara lain

seperti meja, kursi, buku, lampu, dan lain-lain.

(b) Karena modal di bank terbatas, sehingga tidak semua pengusaha

lemah memperoleh kredit.

(c) Apabila pada hari itu saya berhalangan hadir, maka rapat akan

dipimpin oleh Sdr. Tadjudin.



Perbaikan kalimat yang memperhatikan ekonomi bahasa berikut.

(a1) Dalam ruangan ini kita dapat menemukan meja, kursi, buku,lampu, dan lain-lain.

(b1) Karena modal di bank terbatas, tidak semua pengusaha lemah memperoleh kredit.

(b2) Modal di bank terbatas, sehingga tidak semua pengusaha lemah memperoleh kredit.

(c1) Pada hari itu saya berhalangan hadir, maka rapat akandipimpin oleh Sdr. Tadjudin.

(c2) Apabila pada hariitu saya berhalangan hadir, rapat akan dipimpin oleh Sdr. Tadjudin.

4. PENEKANAN DALAM KALIMAT EFEKTIF

Dalam kalimat efektif PENEKANAN ATAU PENONJOLAN adalah upaya penulis untuk  memfokuskan kata atau frasa dalam kalimat. Penekanan dalam kalimat dapat berupa kata,frasa,klausa, dalam kalimat yang dapat berpindah -pindah. Namun,penekanan tidak sama dengan penentuan gagasan utama dan ekonomi bahasa. Penekanan dapat dilakukan dalam kalimat lisan dan kalimat tulis. Pada kalimat lisan,penekanan dilakukan dengan intonasi yang dapat disertai mimik muka dan bentuk nonverbal lainnya. Penekanan dalam kalimat tulis dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

(1) Mutasi, yaitu mengubah posisi kalimat dengan menempatkan bagian

yang dipenting pada awal kalimat.

Contoh:

Minggu depan akan diadakan seminar”Pencerahan Pancasila bagi

Mahasiswa”

(2) Repetisi, yaitu mengulang kata yang sama dalam kalimat yang bukan

berupa sinonim kata.

Contoh:

Kalau pimpinan sudah mengatakan tidak, tetap tidak.

(3) Kursif, yaitu menulis miring, menghitamkan, atau menggarisbawahi kata

yang dipentingkan.

Contoh:

Bab II skripsi ini tidak membicarakan fluktuasi harga saham.

(4) Pertentangan,yaitu menempatkan kata yang bertentangan dalam kalimat. Pertentangan bukan berarti antonym kata.

Contoh:

Dia sebetulnya pintar tetapi malas lkuliah.

(5) Partikel, yaitu menempatkan paretikel (lah,kah, pun,per, tah) sebelum

atau sesudah kata yang dipentingkan dalam kalimat.

Contoh:

Dalam berdemokrasi, apa pun harus transparan kepada rakyat.

(6) Penekanan dalamkalimat tidak berarti penonjolan gagasan kalimat atau

bukan ekonomi bahasa.



5. KESEJAJARAN DALAM KALIMAT (PARALELISME)

KESEJAJARAN (PARALELISME) adalah upaya penulis merinci unsur yang sama penting dan sama fungsi secra kronologis danlogis dalam kalimat.Dalam kalimat dan paragraph, raincian itu harus menggunakan bentuk bahasa yang sama, yaitu rincian sesame kata, sesame prasa,sesama kalimat.

Kesamaan bentuk dalam paralelisme menjaga pemahaman yang fokus bagipembaca dan sekaligus menunjukkan kekonsistenan sebuah kalimat dalam penulisan karya ilmiah.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam kesejajaran rincian kalimat efektif

adalah sebagai berikut.

(1) Tentukanlah apakah kesejajaran beradabentuk bahasa kalimat atau

paragraf.

(2) Jika urutan rincian dalam bentuk frasa, rincian uruan berikut harus

dalam bentuk frasa juga.

(3) Penomoran dalam rincian harus konsisten.

(4) Perhatikanlah penempatan tanda baca yang benar.

(5) Hindarilah gejala ekonomi bahasa yang bermakna sama:

seperti……dan lain lain, antara lain…..

Sebagai berikut, yakni:….

Perhatikanlah contoh kesejajaran yang benar berikut.

Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara pada:

hari :…,

tanggal:….,

waktu: ….,

acara: …., dan

Tempat: …..



6. KEVARIASIAN DALAM KALIMAT EFEKTIF

KEVARIASIAN dalam kalimat efektif adalah upaya penulis menggunakan berbagai pola kalimat dan jenis kalimat untuk menghindari kejenuhan atau kemalasan pembaca terhadapteks karangan ilmiah. Fungsi utama kevariasian ini adalah menjaga perhatian dan minat baca terhadap teks ilmiah berlanjut bagi pembaca. Pada dasarnya kevariasian adalah upaya penganekaragaman pola, bentuk, dan jenis kalimat agar pembaca tetap termotivasi membaca dan memahami teks sebuah karangan ilmiah. Agar kevariasi dapat menjaga motivasi pembaca terhadap teks, penulis perlu memperhatikan hal-hal berikut.

(1) Awal kalimat tidak selalu dimulai dengan unsure subjek, tetapi kalimat

dapat dimulai dengan predikat dan keterangan sebagai variasi dalam

penataan pola kalimat.

(2) Kalimat yang panjang dapat diselingi dengan kalimat yang pendek.

(3) Kalimat berita dapat divariasikan dengan kalimat Tanya, kalimat

perintah, dan kalimat seruan.

(4) Kalimat aktif dapat divareiasikan dengan kalimat pasif.

(5) Kalimat tunggal dapat divariasikan dengankalimat majemuk.

(6) Kalimat taklangsung dapat divariasikan dengan kalimat langsung.

(7) Kalimat yang diuraikan dengan kata-kata dapat divariasikan dengan

tampilan gambar,bagan,grafik, kurva, marik, dan lain-lain.

(8) Apa pun bentuk kevariasian yang dilakukan oleh penulisjangan sampai

mengubah atau keluar dari pokok masalah yang dibicarakan.

Perhatikanlah contoh kalimat dengan variasinya.

(a) Dari renungan itu seorang manajer menemukan suatu makna, suatu

realitas yang baru, suatu kebenaran yang menjadi ide sentral yang

menjiwai bisnisnya ke depan.

(b) Seorang ahli Inggris mengemukakan bahwa seharus tidak dibangun

pelabuhan samudera. Namun, pemerintah tidak memutuskan demikian.Memang cukup banyak mengendorkan semangat kalau melihatkeadaan di Indonesia belahan Timur meskipun fasulitas pengangkutan laut dan udara sudah banyak dibangun. (Variasi kalimat dengan kata berawalan me- danberawalan di-).



7. PENALARAN DALAM KALIMAT EFEKTIF

PENALARAN (reasoning) adalah proses mental dalam mengembang kan pikiran logis (nalar) dari beberapa fakta atau prinsip (KBBI,2005:772). Hal yang diutamakan dalam penalaran adalah proses berpikr logis dan bukan dengan perasaan atau bukan pengalaman. Penalaran tidak akan tercapai jika tidak didukung oleh kesatuan dan kepaduan kalimat. Dalam penalaran alur berpikirlah ang ditonjolkan agar kalimat dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipahami dengan benar dan tepat sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman atau salah kaprah. Kesatuan pikiran akan logis jika didukungatau dikaitkan dari gabungan unsur atau fungsi kalimat. Hubungan logis dalam kalimat dapat dilihat melalui kaitan antarunsur dan kaitan antarbagian kalimat. Hubungan logis dalam kalimat terdiri atas tiga jenis hubungan berikut.

(1) Hubungan logis koordinatif adalah hubungan setara di antara bagianbagian kalimat dalam kalimat majemuk setara. Hubungan logis koordinatif ini ditandai dengan konjungsi dan, serta, tetapi, atau,melainkan, sedangkan, padahal.

Contoh: Mobil itu kecil tetapi pajaknya sangat besar.

(2) Hubungan logis korelatif adalah hubungan saling kait di antara bagian

kalimat. Hubungan korelatif ini ditandai oleh konjungsi berikut.

Hubungan penambahan : baik….maupun, tidak hanya..., tetapi juga……..

Hubungan perlawanan : tidak….., tetapi….., bukan……., melainkan

Hubungan pemilihan : apakah…., atau….., entah….entah……

Hubungan akibat : demikian…..sehingga, sedemikianrupa……sehingga

Hubungan penegasan : jangankan…..,…..pun…..

(3) Hubungan logis subordinatif adalah hubungan kebergantungan diantara induk kalimat dan anak kalimat.

Contoh: Dosen itu tidak masuk karena rumahnya kebanjiran.

Hubungan subordinatif dalam kalimat majemuk tak setara (bertingkat) cukup banyak hubungan antara induk kalimat dan anak kalimat yang ditandai dengan konjungsi-konjungsi berikut.

(a) Hubungan waktu : ketika,setelah, sebelum,

(b) Hubungan syarat : jika,, kalau, jikalau,

(c) Hubungan pengandaian : seandainya andaikan,andai kata,

(d) Hubungan tujuan : untuk, agar,supaya,

(e) Hubungan perlawanan : meskipun,walaupun, kendatipun,

(f) Hubungan pembandiungan : seolah-olah, seperti, daripada, alih-alih,

(g) Hubungan sebab : sebab,karena, oleh sebab,lantaran,

(h) Hubunganhasil/akibat : sehingga, maka, sampai (sampai)

(i) Hubungan alat : dengan, tanpa

(j) Hubungan cara : dengan, tanpa,

(k) Hubungan pelengkap : bahwa, untuk, apakah,

(l) Hubungan keterangan : yang,

(m) Hubungan perbandingan : sama….dengan, lebih….daripada,

berbeda…..dari

Contoh kalimat yang salah karena tidak logis (salah nalar)

(1) Di antara masalah nasional yang penting itu mencantumkan masalah

MPKT dalam pendidikan (SALAH).

Di antara masalah pendidikan nasional itu tercantum masalah MPKT dalam pendidikan (BENAR)

(2) Untuk mengetahui baik buruk pribadi seseorang dapat dilihat dari

tingkah lakunya sehari-hari. (SALAH)

Baik buruk pribadi seseorang dapat dilihat dari pribadinya sehari-hari. (BENAR)

(3) PT Gudang Garam termasuk lima penghasil terbesar devisa negara

tahun 2010. (SALAH)

PT Gudang Garam termasuk lima besar penghasil devisa negara tahun

2010. (BENAR).

(4) Meskipun dia datang terlambat, namun dia dapat menyelesaikan

      masalah itu. (SALAH)

      Meskipun datangterlambat, dia dapat menyelesaikan masalah itu.

      (BENAR)

Dia datang terlamat, namun dapat menyelesaikan masalah itu. (BENAR)

(5) Dia membantah bahwa bukan dia yang korupsi tetapi staf keungan

perusahaan. (SALAH)

Dia menyatakan bahwa bukan dia yang korupsi melainkan staf

keuangan perusahaan. (BENAR).

0 komentar:

Posting Komentar