Pages

Banner 468 x 60px

 

Senin, Januari 07, 2019

Telekomunikasi dan Jaringan

0 komentar
TELEKOMUNIKASI
Peranan Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah proses berhubungan jarak jauh atau komunikasi jarak jauh. Teknologi memungkinkan seseorang dapat mengirim atau menerima informasi dari satu pihak ke pihak lain yang letaknya berjauhan. Dengan teknologi kita dapat mengetahui apa yang terjadi di dunia luar atau negara lain tanpa harus kita pergi ke negara tersebut. ini teknologi telekomunikasi telah melahirkan berbagai aplikasi, antara lain :
  1. ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine)
  2. Telekonferensi
  3. Telecommuting
  4. Komputasi grup kerja (workgroup computing)
  5. EDI (Electronic Data Interchange)
Mengenal Jenis Isyarat
Dasar sistem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari satu tempat ke tempat lain dapat berbentuk analog atau digital Isyarat Analog.
a.       Isyarat analog 
      biasa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.Isyarat seperti ini biasa dijumpai pada listrik yang berasal dari PLN dan berbentuk gelombang sinus.
b.      Isyarat Digital
      Isyarat digital bisa disebut juga diskret.Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit, yaitu dalam berupa keadaan 0 dan keadaan I.Keadaan I dapat diperoleh dengan misalnya diwakili oleh tegangan 5 volt dan keadaan 0 diwakili oleh 0 volt.
c.       Pertukaran Isyarat Analog dan Digital
     Dalam prakteknya, komunikasi antarkomputer kadang mengalami perubahan dan isyarat analog ke digital dan sebaliknya. Sebagai contoh, komunikasi dua buah computer yang melibatkan jaringan telepon, melakukan perubahan isyarat seperti berikut, mengirimkan isyarat digital dan kemudian leh piranti modem akan diubah menjadi isyarat analog.
Laju DataKecepatan data dalam system komunikasi data biasanya dinyatakan dengan istilah berikut :
a.       Laju Bit
     Laju bit atau laju data yaitu menyatakan jumlah bit per detik
b.      Laju Baud
     menyatakan kecepatan isyarat baik analog maupun digital yang melalui kanal atau jumlah elemen isyarat per detik
Transmisi serial dan paralel
Tranmisi data dapat dibedakan menjadi dua macam serial dan paralel.
a.       Transmisi Serial
Pada transmisi serial, pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan. Dengan kata lain, bit-bit dikirimkan secara bergantian, satu per satu.
  1. Transmisi Pararel
    Pada transmisi pararel, sejumlah bit dikirim per waktu. Masing-masing bit mempunyai jalur tersendiri karena sifatnya yang demikian, data yang mengalir pada transmisi pararel jauh lebih cepat daripada transmisi.
Konfigurasi jalur komunikasi
Konfigurasi jalur komunikasi, yang menentukan cara menghubungkan peranti-peranti yang hendak berkomunikasi, dapat dibedakan menjadi: titik-ke-titik atau multititik.
a.       Titik - ketitik (point-to-point)
      menghubungkan secara khususu dua buah peranti yang hendak berkomunikasi.
b.      Multi titik (multipoint)
       menyatakan hubunganyang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomuniklasi. Model seperti ini antara lain ditemukan pada jaringan yang menggunakan topologi bus.
Rangkaian Pensakalaran dan Paket Pensaklaran
Hubungan antara dua buah simpul yang berkomunikasi di dalam suatu jaringan di bentuk melalui pensaklaran (switching ). Ada beberapa teknik yang di gunakan untuk melakukan pensaklaran , Yaitu :
a.       Pensaklaran Rangkaian (Curcuit Switching)
      Teknik yang di gunakan pada jaringan telepon. Hubungan komunikasi antara dua orang tidak di bentuk secara permanen, melainkan di bentuk melalui pusat pensaklaran (switching center) atau yang biasa disebut sentral telepon otomat, yang menghubungkan satu simpul dengan simpul lainnya hanya pada saat permintaan hubungan.
b.      Pensakalaran Paket (Packet Switching)
      Teknik ini mengirimkan data ke media transmisi dalam bentuk kumpulan paket  Setiap paket di kirimkan secara terpisah dan dapat melalui sejumlah simpul.Standar untuk pensaklaran paket yaitu x.25,yang di tetapkan oleh CCITT.
Multiplexing
Multiplexing adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi. Secara teknis proses ini dapat di lakukan melalui teknik yang di sebut :
a.       FDM (Frequency Devision Multiplexing). Diterapkan pada media komunikasi yang broadband ( jalur – lebar ), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran di bentuk.
  1. TDM ( Time – division multiplexing ) biasa di gunakan pada media trasmisi yang memiliki sifat baseband(jalur sempit) yaitu media transmisi yang hanya memiliki satu jalur
Dalam prakteknya, TDM dan FDM juga dapat dikombinaksikan pada media transmisi broadband. Peranti yang digunakan untuk multiplexing dapat berupa :
a.       Front–end processor berupa suatu komputer yang di tujukan secara     khusus untuk pengolahan komunikasi dan di pasangkan ke komputer utama ( host ) pada system mainframe.
  1. Multiplexer adalah peranti yang memungkinkan sebuah media transmisi dapat di pakai untuk melewatkan data oleh sejumlah sumber secara serentak.
  2. Concentrator adalah komputer yang di gunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan pesan – pesan secara sementara yang berasal dari sejumlah terminal sampai pesan – pesan tersebut siap untuk di kirimkan secara serentak ke host.
Media Transmisi
Media transmisi, di kenal juga dengan sebutan media komunikasi, adalah media yang di gunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, untuk melintaskan isyarat. Media seperti ini dapat di bagi menjadi dua kelompok, yaitu :
a.       Media berkabel (bounded media/guided  media/hard media)   
 Media berkabel menyatakan media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel.yang termasuk media kategori ini :
     Kabelpasanganterpilin ( twisted – pair cable )
     Kabel Koaksial
     Kabel Serat Optik

0 komentar:

Posting Komentar